Label

Selasa, 20 September 2016

Game Design Document

Halo semua, kali ini saya ingin berbagi sedikit ilmu tentang Game Design Document. Apa itu Game Design Document, apa manfaatnya, dan apa yang ada dalam Game Design Document.

Pertama apa itu Game Design Document?
Game Design Document atau bisa disingkat GDD adalah sebuah dokumen yang selalu berkembang dan berfungsi untuk menjelaskan desain dari sebuah video game. GDD dibuat oleh tim developer game untuk mengorganisir proses pembuatan game, dari mekanik, karakter, cerita dan elemen lain yang ada di game sehingga tim developer tidak akan keluar dari jalur utama yang sudah ditentukan.

Ketika game didanai oleh investor atau publisher, GDD ini haruslah dibuat dan seringkali diminta sebagai bagian dari perjanjian kerja antara developer dengan client/publisher/investor. GDD bisa dibuat sebelum proses pengerjaan, akan tetapi GDD belumlah lengkap karena ketika prosesnya nanti dan game selesai dikerjakan GDD ini akan menjadi lebih berkembang dan banyak elemen yang dimasukkan dari kurun waktu perencanaan game hingga pengerjaan game sudah selesai.

Tujuan dari GDD ini secara tidak langsung menjelaskan tentang bagaimana game yang kita buat(gameplay, art, level design, dll), pendanaan / selling point / monetizing, target pengguna dan sebagainya. GDD ini tidak ada struktur tetap atau absolute, dikarenakan GDD ini dibuat berdasarkan game yang kita buat, client yang menjalin kerja sama dengan kita dan sebagainya. Tapi pada intinya GDD ini harus kita buat sejelas dan semenarik mungkin agar client kita paham dan tertarik akan game yang kita tawarkan.

Sepengetahuan saya dari GDD, mayoritas menyertakan hal - hal sebagai berikut,

  • Overview
  • Story
  • Characters
  • Level Design
  • Gameplay
  • Art
  • Sound and Music
  • User Interface, Game Controls
Seperti itulah sedikit penjelasan Game Design Document (GDD) yang saya ketahui. Terima kasih telah membaca semoga mendapat manfaat dari tulisan saya ini. SEMANGART :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar