Halo semua, dalam tulisan ini, saya akan sedikit berbagi ilmu tentang apa yang saya dapat di bangku perkuliahan saya, yaitu Core Mechanic Diagram.
Core Mechanic Diagram merupakan sebuah diagram yang menunjukkan bagian - bagian dari game yang kita buat. Diagram ini akan menyederhanakan dan juga lebih membantu kita untuk fokus pada desain game yang kita buat. Biasanya ini dikerjakan oleh Game Desainer, dan dicantumkan dalam Game Design Document. Apa yang dimaksud dengan Game Design Document atau GDD ini?? Bisa cek di postingan saya yang satu ini
Core Mechanic Diagram terdiri dari 4 bagian, yaitu Core Mechanic, Secondary Mechanic, Progression dan Narrative. Berikut gambar dari Core Mechanic Diagram,
Merupakan mekanik atau interaksi yang paling sering digunakan dalam game tersebut. Misalkan saja dalam game shooting, core mechanicnya adalah shoot.
Merupakan mekanik atau interaksi yang tidak wajib atau tidak terus menerus digunakan dalam game tersebut. Misalkan saja dalam game RPG, yaitu ability atau skill yang dimiliki oleh swordman untuk melemahkan atau menyerang lawan.
Merupakan suatu sistem atau mekanik yang menunjukkan perjalanan atau perkembangan atau progress apa yang harus dilalui pemain dalam game untuk menyelesaikan game. Kita ambil contoh pada genre game RPG, dimana misi yang diberikan merupakan salah satu penunjuk progress pemain dalam game.
Berisikan dengan goal atau tujuan akhir dari game tersebut. Kita ambil contoh game RPG lagi, dimana goal atau tujuan utama dari mayoritas game RPG adalah menjadi hero yang mengalahkan boss jahat.
Nah itulah yang dimaksud dengan Core Mechanic Diagram dan penjelasannya. Terima Kasih telah membaca dan SEMANGART :D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar